Rabu, 01 September 2010

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

TEKNOLOGI INFORMASI

Dalam matakuliah Pengantar Teknologi Informasi terdapat dua sub bahasan yaitu teknologi informasi dan komponen teknologi informasi. Sebelum masuk ke pengertian informasi kita perlu mengetahui tentang definisi “data”, data merupakan kumpulan fakta yang diperlakukan sebagai raw materials. Sedangkan jenis data meliputi teks, gambar, audio atau suara, dan juga video.

Setelah kita mengetahui mengenai definisi data, maka selanjutnya kita membahas mengenai definisi “informasi”, informasi merupakan data setelah dimanipulasi yang saling berhubungan dan memiliki makna di dalam konteksnya. Secara garis besar pengolahan data menjadi informasi terdapat 3 tahap, yaitu : terdapat data mentah, kemudian terjadi pemrosesan data, dan akhirnya menjadi suatu informasi. Sifat informasi ada 2 yaitu perfect (sempurna, pasti) dan imperfect (tidak sempurna, mengandung unsur ketidakpastian). Sumber informasi diantaranya ialah :

Pengataman lapangan (observasi)

Kuesioner

Kejadian/event (pencatatan/perekaman)

Pemodelan (simulasi, forecasting)

Media massa

Alat telekomunikasi

Alat elektronis

Dll.

Sedangkan karakteristik informasi yang baik, diantaranya ialah :

v Tepat waktu

v Akurat

v Mudah diakses

v Menghilangkan keraguan

v Berhubungan

v Berdasarkan fakta

Pembahasan yang selanjutnya mengenai evolusi abad informasi, terdiri dari 3 tahap, yaitu :

1. Abad Pertanian (sebelum tahun 1800)

Masyarakat bekerja di bidang pertanian (bercocok tanam). Peralatan yang digunakan sederhana dan masih menggunakan tenaga manusia.

2. Abad Industri (1800 – 1957)

Masyarakat banyak yang bekerja di pabrik. Mulai menggunakan mesin tetapi masih dibantu dengan tenaga manusia.

3. Abad Informasi (1957 – sekarang)

Pekerja terdidik semakin banyak, dalam bekerja menggunakan tenaga dan teknologi informasi.

Seiring adanya evolusi abad informasi maka berdampak pada munculnya masyarakat informasi. Masyarakat informasi adalah suatu masyarakat di mana lebih banyak orang bekerja di bidang penanganan informasi daripada bidang pertanian dan industri.

Setelah mengetahui mengenai informasi maka kita juga perlu tahu mengenai teknologi informasi. Teknologi adalah Ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis, bisa juga didefinisikan sebagai Aplikasi praktis dari sains dalam industri atau bisnis. Menurut Kamus Oxford (1995) teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar. Sedangkan menurut Turban: The physical facilities, IT components, IT services and IT management that support an entire organization

Contoh TI : Mikrokomputer, Notebook, PDA, TV, CD-ROM, Papan Digital, dll. Teknologi informasi bertujuan Memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan efisiensi. Dan fungsinya untuk Menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mengambil Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission). Teknologi informasi sangat diperlukan bagi kehidupan sehari-hari, hal ini dikarenakan :

§ Kompleksitas tugas manajemen

§ Pengaruh globalisasi

§ Perlunya response time cepat

§ Tekanan persaingan bisnis

§ Peningkatan layanan

KOMPONEN TEKNOLOGI INFORMASI

Ada tiga komponen utama dalam teknologi informasi, yaitu : Hardware (HW), Software (SW) dan Brainware (BW). Hardware (HW) adalah Istilah umum yang merujuk pada bagian-bagian fisik dari sebuah teknologi. Software (SW) adalah PL adalah sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” di mana di dalamnya termasuk :

program

dokumen

data

Brainware (BW) adalah Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer.

Selain tiga komponen utama juga terdapat komponen yang penting yaitu firmware dan infoware. Firmware adalah Perangkat lunak yang “ditanamkan” ke perangkat keras secara semi-permanen atau Instruksi yang disimpan permanen di ROM. Sedangkan infoware meliputi User manual, SOP, cyber law. Penerapan Teknologi Informasi (TI) mencakup berbagai bidang di kehidupan kita, diantaranya adalah :

v Industri

v Perbankan

v Pendidikan

v Kesehatan

v Pemerintahan

v Hiburan

v dll

0 komentar:

Posting Komentar

 

time2life © 2008 . Design By: SkinCorner